Header Ads

Durian Tanpa Duri Ini Mirip Tempurung Kelapa

loading...
                            
Durian gundul (buah gundulan) berasal dari daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Keunikan buah ini terletak pada buahnya yang tidak memiliki duri seperti buah durian pada umumnya sehingga dapat mempermudah dalam pengendalian pasca tuai.

Bentuk buahnya sekilas seperti tempurung kelapa, ukurannya sebesar buah melon dengan berat 800-900 gr. Buah matang mengeluarkan aroma khas durian. Ini memang durian, tapi tanpa duri! Rasa buahnya enak dan manis dengan kandungan gula 14 -15 derajat brix.

-Ketebalan daging buah 0,5 cm seperti daging buah durian tempatan pada umumnya dan berwarna kuning terang dengan produktiviti dapat mencapai 200 - 400 kg / pokok / tahun. Tanaman ini mampu menyesuaikan diri dengan baik di dataran rendah sampai sedang dengan ketinggian 250 - 700 dpl.

-Tanaman durian gundul ini merupakan tanaman durian yang mengalami mutasi bentuk oleh alam sehingga duri-duri di sekujur kulitnya tidak ada.

                           
Durian adalah salah satu buah yang terkenal dngan kelezatannya serta mempunyai rasa dan harga istimewa, di samping buah yang satu ini terkenal dengan durinya, oleh sebab itu buah raja ini dinamakan durian. Nah bagaimana jadinya kalau durian tidak atau tanpa duri? apakah buah durian tanpa duri ini ada?

 Durian Gundul, kalau di bandingkan dengan rasa dan besarnya durian ini mempunyai beberapa kelebihan, di samping selamat dimakan dan tidak membahayakan kalau anda terkena kulit dari durian ini

Pengelola Taman Wisata Mekarsari, Bogor, Jawa Barat, mengembangkan jenis buah durian tanpa duri yang jarang asli asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Durian gundul merupakan buah langka asli NTB yang dibangunkan oleh penyelidik di Taman Wisata Mekarsari," kata Kepala Seksi Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Wisata Mekarsari, Catherina Day di Jakarta, Selasa.

Catherina mengatakan, penyelidik berhasil memperbanyak tanaman durian gundul (Durio zibethinus) melalui proses tumbuh-tumbuhan, yakni grafting dan cantuman (perkimpoian langsung melalui daun atau tangkainya).


                    


Loading...

Tiada ulasan

jerit kat sini

Dikuasakan oleh Blogger.