Banyaknya hantu DiThailand

Banyaknya hantu DiThailand

Loading...
Dan Sai - roh dan hantu, rupanya memang lekat dalam kebudayaan Thailand. Datanglah ke Phi Ta Khon, atau Festival Hantu di Dan Sai. Ini adalah perayaan unik yang waktu penyelenggaraannya pun menunggu datangnya bisikan ghaib!








Dari Thailand, Kamis (9/8/2012) festival hantu Phi Ta Kon adalah agenda  tahunan di Dan Sai, Provinsi Loei, Thailand. Festival ini dirayakan 3 hari, n dengan hiburan umat Buddha iaitu Boon Phra Wate.

Pemerintah Thailand tidak menyebutkan tarikhnya, namun antara Mac sampai Julai setiap tahunnya. Mengapa demikian? Kerana yang menentukan tanggalnya adalah paranormal/dukun desa yang harus menunggu kemasukan roh dan lalu akan menyebutkan festivalnya harus bermula. Serius!

Dalam sejarahnya, festival ini digelar untuk menyambut Putera Vessandorn yang dianggap reinkarnasi Buddha. Semua orang begitu bergembiranya sampai mereka yang sudah meninggal bangkit kembali. Orang-orang yang sudah meninggal itu lantas ikut bersuka ria di dalam festival.

Oleh karena itu, dalam hari pertama festival Phi Ta Khon menampilkan orang-orang yang berkostum hantu, memakai topeng kayu berukiran wajah  seram. Mereka lantas menari-nari di dalam festival.

Hari kedua festival sudah lebih tenang. Warga desa pergi ke kuil untuk beribadat, namun suasana tetap seru. Ada permainan bunga api,  menari, topeng dan kostum. Di hari terakhir, warga desa ke kuil untuk menghormati Buddha, lantas warga bersilaturahm dengan para bhiksu.


p/s  macam2 kebudayaan ada dalam dunia ni

Catat Ulasan

5 Ulasan

jerit kat sini