Laporan dari Arab Saudi: Hujan Ais Melanda Makkah

Laporan dari Arab Saudi: Hujan Ais Melanda Makkah

Loading...

Makkah yang panas di suhu 40 darjah celcius berubah menjadi sejuk selepas hujan ais melanda Kota Suci itu. Hujan disertai ais berdiamater setengah cm dengan intensitas tinggi melanda Makkah sekitar pukul 16.25 waktu setempat atau pukul 20.25 WIB, Sabtu (1/10/2011). Demikian dilaporkan Media Center Haji (MCH) Makkah.


Hujan ais batu tersebut tak pelak membuat bunyi-bunyi cukup keras terjadi, khususnya jika jatuh di benda yang keras seperti saat menimpa kereta. Sebelum hujan ais dan air turun, debu sempat berterbangan sehingga mengurangkan jarak pandang di jalanan. Hujan ais dan air tersebut juga tidak mengganggu aktiviti masyarakat setempat apalagi sampai menyebabkan banjir. Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekah Arsyad Hidayat mengatakan hujan ais yang turun diharapkan boleh menurunkan suhu bandar yang selama ini cukup panas. "Adanya hujan ini mampu menurunkan suhu udara sehingga menjadi sejuk setelah sebelumnya panas," katanya.
Menanggapi hujan ais tersebut, dia kembali mengingatkan perubahan cuaca ekstrem perlu terus diwaspadai calon jamaah haji Indonesia yang datang di Mekah. Laporan-laporan media menyebutkan, hujan adalah hal biasa turun saat musim haji. Hujan terburuk berlaku pada November 2009. Kala itu hujan deras menyebabkan banjir yang menyebabkan 77 orang terbunuh di Jeddah, Makkah dan Rabigh. (nrl / lrn)

Catat Ulasan

0 Ulasan