Header Ads

Pokok Berusia 1500 Tahun,Lihat Apa Ada Didalamnya

loading...
Pohon ini berusia 1500 tahun.


Jelajah wisata alam, Afrikalah  juaranya. Begitu banyak lahan terbuka yang merupakan padang savana ataupun hutan dengan rerimbunan pepohonan. Keteduhan ini yang menjadikannya sebagai rumah bagi banyak jenis spesies.


Bahkan di tengah kota, di bahagian Afrika Selatan pun masih menyisakan pohon-pohon subur. Salah satunya dinobatkan sebagai pohon terbesar di dunia. Banyak wisatawan yang  ingin menyaksikan "kebesaran" pohon berjenis baobab ini.



Baobab sendiri merupakan salah satu keluarga tree of life, pohon yang dapat hidup hingga minimal 800 tahun. Usia pohon terbesar ini malah sudah melewati batas minimal, yakni 1.500 tahun. 


Terletak di pekarangan sebuah rumah, pohon ini tumbuh dengan tinggi 47 meter dan diameter 19 meter.  besarnya, pohon ini bahkan dapat menadah air hingga 300 liter, saat musim hujan.


Bukan hanya ukurannya saja yang menjadi daya tarik, di dalam pohon ini juga terdapat "mini bar" yang boleh menampung sekitar 15 orang. Ruangan ini diciptakan pada tahun 1933. 

Dahulu para pemburu sering menggunakan rongga pada pohon baobab ini sebagai tempat persinggahan. Mereka membuat tempat untuk menyimpan bekal, tempat untuk istirahat, perapian, dan juga meja yang menyerupai meja bar.

Meski umurnya masih kalah dengan pohon Red Sherman yang mencapai usia 2.200 tahun, dan Bristlecone pine di California yang hidup 4.000 tahun, pohon tua ini juga menjadi kandidat 'The New 7 Wonder Natural Baobab Avenue'. (umi)


Loading...

4 ulasan:

  1. pokok ni mampu hidup lagi kan untuk berpuluh2 tahun akan datang. daun hijau lagi

    BalasPadam
  2. mampu bertahan lama pokok ni...hebat..

    BalasPadam
  3. @Fendy
    kalo kat Malaysia ni rasanya dah lama kena cantas pokok ni

    BalasPadam

jerit kat sini

Dikuasakan oleh Blogger.