Header Ads

‘Peek Retina’ Siap Periksa Mata Dari HP

loading...
Peek Retina’ Siap Periksa Mata Dari HP -
 Sayang memang bila perkembangan teknologi yang kian canggih hanya dipakai untuk bidang entertainment semata. Untung masih ada pakar-pakar di luar sana yang peduli dengan kesehatan masyarakat khususnya penduduk terpencil dan tak terjangkau oleh fasilitas kesehatan. Beberapa di antaranya adalah London School of Hygiene & Tropical Medicine, Universitas Strathclyde, serta NHS Glasgow Centre for Ophthalmic Research yang berkolaborasi dalam menciptakan Peek Retina untuk memeriksa mata.


Peek Retina terdiri dari aplikasi smartphone dan adaptor murah yang memampukan penggunanya melakukan pemeriksaan profesional di mana saja di dunia ini. Dalam proses pembuatannya, Peek Retina melibatkan tim, terdiri dari spesialis mata, developer software, hingga desainer produk.
Adaptornya sendiri dapat dijepit di atas kamera smartphone guna memudahkan dokter melihat bagian dalam mata dan mengambil gambar resolusi tinggi untuk keperluan diagnosa. Kondisi lain seperti diabetes dan tekanan darah tinggi juga dapat dideteksi melaluinya.
“Sekitar 39 juta masyarakat dunia berada dalam keadaan buta, padahal 80% dari kebutaan tersebut dapat dihindari, namun sayang kebanyakan tidak memiliki akses untuk memeriksakan matanya, ” ujar Dr Andrew Bastawrous selaku pencipta Peek Retina.
Aplikasi Peek Retina yang saat ini masih dalam masa kampanye (hingga 9 Januari 2015 nanti) tersebut diharapkan berhasil mengumpulkan dana hingga £70,000. Hingga berita ini diturunkan, baru 33% dana terkumpul dari 246 donatur. Melalui kampanye tersebut, donatur bisa membeli untuk keperluan pribadi atau menyumbangkannya ke fasilitas kesehatan, hanya dengan membayar £60 ($95, IDR950ribuan).
Menurut perkiraan Peek Retina baru dikirimkan ke konsumen pada Oktober 2015 mendatang. Sampai saat ini, Peek Retina hanya dapat digunakan pada Samsung S3, dan karena belum mengantong izin FDA, maka aplikasi ini belum dapat dijual di Amerika Serikat.

Tiada ulasan

jerit kat sini

Dikuasakan oleh Blogger.